• Pemasaran

    10 Juni 2016

    Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

    Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

    Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

    Tujuan Kompetensi Keahlian

    1. Menerapkan prinsip professional bekerja
    2. Melaksanakan komunikasi bisnis
    3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
    4. Memahami prinsip-prinsip bisnis
    5. Menata produk
    6. Melaksanakan negosiasi
    7. Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
    8. Melaksanakan proses administrasi transaksi
    9. Melakukan penyerahan/pengiriman produk
    10. Melaksanakan penagihan pembayaran
    11. Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
    12. Menemukan peluang baru dari pelanggan
    13. Melaksanakan pelayanan prima (expansion store opening)
    14. Melakukan pemasaran barang dan jasa

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA