• Profile

    10 Juni 2016

    SMK Negeri 1 Palopo merupakan Sekolah Kejuruan yang berdiri pada tanggal 11 Maret 1967 berdasarkan SK pendirian Sekolah 56/B3/Kejuruan oleh Mendikdasbud, berdiri sebuah Sekolah Ekonomi dengan nama  SMEA Palopo, Bisnis dan Manajemen. Lokasi Sekolah sangat strategis karena berada di tengah kota yang mudah dijangkau dengan semua alat transportasi bahkan dilewati oleh alat transportasi umum yaitu di Jalan K.H.M. Kasim No. 10 Kota Palopo.

    SMK Negeri 1 Palopo telah menerapkan Sistim Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dan telah mendapat sertifikat SNI ISO 9001:2008 dari PT Sucofindo International Certification Services No. QSC 01068 serta semua Paket Keahlian terakreditasi dengan nilai A.

    Saat ini SMK Negeri 1 Palopo membina 6 Kompetensi Keahlian, yakni Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan, dan Teknik Komputer & Jaringan dengan Jumlah siswa ± 1500 Siswa pertahunnya, dan ± 130 Guru dan Staf.

     

    VISI dan MISI

    Visi

    Menjadi Sekolah Rujukan Yang Menghasilkan Sumber Daya Manusia Yang Berprestasi, Berakhlak Mulia, Terampil dan Mandiri Dengan Berpijak Pada Budaya dan Karakter Bangsa

    Misi

    1. Mengembangkan sumber daya secara optimal dalam rangka mempersiapkan siswa di era global.
    2. Melaksanakan pendidikan kejuruan yang berkarakter kebangsaan, kewirausahaan, dan berbudaya lingkungan, yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha/industri dan masyarakat.
    3. Melaksanakan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi
    4. Menghasilkan Tamatan yang dapat berkarir dalam bidangnya untuk bekerja, beriwausaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

     

    TUJUAN DAN SASARAN SMK NEGERI 1 PALOPO

           Sekolah  Menengah kejuruan sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan, sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU Sisdiknas, merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.  Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai adalah:

    1. Menasilkan peserta didik yang berkarakter dan berprestasi,  disiplin, juju, kreatif, inovatif, ulet dan tekun, terampil dan mandiri.
    2. Membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dan sesuai dengan potensinya  untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
    3. Membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan serta teknologi yang diperlukan oleh  masyarakat sekitar.
    4. Membekali peserta didik agar mempunyai semangat juang dan sikap kerja keras.
    5. Mempersiapkan  peserta didik agar menjadi pribadi yang mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar secara mandiri.
    6. Membekali peserta didik agar menjadi pribadi yang menyayangi dan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sekitar.
    7. Mempersiapkan peserta didik yang memahami budaya bangsa dan mengikuti keteladanan para pendiri bangsa dan tokoh bangsa.
    8. Mempersiapkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia

    KEBIJAKAN MUTU

    Sekolah merupakan lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan, yang diharapkan  oleh pemerintah dan masyarakat mampu menghasilkan tenaga kerja trampil tingkat menengah untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia di tingkatNasional, Regional dan Internasional. Sekolah bertekad memenuhi persyaratan stakeholders dengan bekerja keras untuk membentuk sumber daya / lulusan yang HANDAL yaitu:

    1. Hemat      : Penuh minat dan Perhatian.
    2. Aspiratif   : Mempunyai Harapan dan Tujuan untuk keberhasilan pada masa  yang akan datang.
    3. Normatif  : Berpegang teguh pada Norma.
    4. Dinamis    : Penuh semangat, cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan.
    5. Antusias   : Mempunyai semangat kerja yang tinggi
    6. Loyal        : Patuh, Setia.

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA